Wednesday, October 9, 2013

Mengenal Karate

Karate, siapa yang tidak mengenal karate. Beladiri asli dari jepang ini memang sudah tidak asing lagi bagi orang yang berkecimpung didunia beladiri. Seni beladiri ini pertama kali masuk ke jepang lewat okinawa. Dipulau inilah cikal bakal seni beladiri ini tumbuh dan berkembang. Nama beladiri ini tidak serta merta menjadi Karate, beladiri ini pertama kali disebut "Tote" yang berarti Tangan China, tetapi karena saat itu nasionalisme rakyat jepang yang sedang tinggi-tingginya, sehingga pelopor karate modern yaitu Gichin Funakoshi mengubahnya menjadi KARATE yang berarti tangan kosong. Beliau merubahnya karena, agar supaya lebih mudah diterima oleh masyarakat jepang.

Tetapi dalam peekembangannya banyak masyarakat menyangka bahwa Karate itu adalah sebuah beladiri yang bernama karate. Maksud saya disini adalah mereka tidak mengetahui bahwa karate itu memiliki aliran-aliran yang berbeda-beda. Seni beladiri karate terbagi menjadi 8 aliran. Berikut penulis akan menjelaskan beberapa aliran karate :

1. Shotokan 
Karate ini dikembangkan oleh Gichin Funakoshi pada tahun 1868-1957. Beliau adalah salah satu master karate yang memperkenalkan karate ke pulau utama jepang pada tahun 1910-an dan 1920-an. Funakoshi memperkenalkan karate ke berbagai universitas di jepang. Beliau memiliki banyak sekali murid yang melanjutkan perjuangannya dalam memperkenalkan karate shotokan ini setelah kematiannya pada tahun 1957.

Penamaan karate Shotokan ini sendiri diambil dari nama pena Gichin Funakoshi, Kan yang berarti sebuah bangunan sehingga Shotokan dapat diartikan sebagai Perguruan Funakoshi. Gichin Funakoshi adalah seorang yang membawa ilmu beladiri karate ini dari pulau Okinawa ke Jepang. Ciri-ciri dari karate ini dapat dilihat dari kuda-kuda yang rendah serta pukulan dan tangkisan yang keras.

2. Goju-ryu
Aliran karate ini memadukan teknik keras dan lembut dan merupakan salah satu karate di Okinawa yang memiliki sejarah yang panjang. Aliran karate ini di bawa oleh Chojun Miyagi, beliau bisa dibilang pendiri dari aliran karate ini, beliau banyak memperbarui teknik-teknik dalam aliran ini yang menjadi aliran Gju-ryu yang sekarang sehingga menganggap Shojun Miyagi sebagai pendirinya. Gjo-ryu menekankan pada latihan SANCHIN atau pernapasan dasar, agar suapaya para praktisinya bisa memukul dengan pukulan yang dahsyat dan menerima pukulan dari lawan tanpa cidera. 

3. Shito-ryu
Aliran ini terkenal memiliki banyak sekali KATA atau jurus, diketahui bahwa jumlah KATA yang dipelajari di aliran ini yaitu 30 sampai 40 KATA tentu lebih banyak dari aliran lain. Sebagai perbandingan kata, Shotokan memiliki 25, Wado-ryu memiliki 17, Goju-ryu memiliki 12 KATA. Tapi walaupun begitu, saat pertandingan aliran ini dapat menyesuaikan diri dengan aliran yang lain seperti Shotokan dengan gaya bertarung frontal maupun dengan jarak dekat speerti Goju-ryu.

4. Wado-ryu
Aliran ini terbilang unik karena berdasar pada seni beladiri Shindo Yoshin-ryu Jujutsu, jadi aliran ini satu-satunya aliran karate yang memiliki teknik kuncian persendian dan lemparan. selain mengajarkan teknik KArate juga mengajarkan teknik kuncian persendian dan lemparan/bantingan yang dimiliki atau diajarkan Jujutsu. Dalam pertandingan pun, aliran ini tidak mau menggunakan tenaga secara frontal tetapi lebih kepada tangkisan yang bersifat mengalir bukan tangkisan kerasdan kadang-kadang menggunakan teknik kuncian dan bantingan. Akan tetapi didalam pertandingan, aliran ini dapat menyesuaikan diri dengan aliran karate lainnya seperti Shotokan, Goju-ryu dan Shito ryu dan tanpa menggunakan teknik-teknik kuncian dan bantingan.

5. Kyokushin
Beladiri ini didirikan oleh Masutatsu Oyama, ia lahir sebagai seorang korea yang bernama Choi Hyung Yee. Beliau pernah mempelajari beladiri korea yang bernama Chabee. Beladiri ini mendapat pengaruh dari seni beladiri Tiongkok "Seni 18 Telapak Tangan" kemudian dikembangkan oleh seorang korea yang bernama Chabee. Aliran Kyokushin ini len=bih menekankan kepada latihan fisik dan full-contact Kumite, yaitu latihan tanding tanpa pelindung. Kyokushin memiliki arti Kebenaran Tertinggi yang diyakini oleh oyama sebagaimana karate itu seharusnya diajarkan dan dipelajari. latihan kyokushin ini menekaknkan pada oertarungan nyata dan kekuatan fisik. 

Aliran ini tidak termasuk dalam 4 besar JAan Karatedo Federation, tapi aliran ini snagat terkenal didalam maupun di luar jepang dan juga turut berjasa dalam memperkenalkan beladiri ini keseluruh dunia. Aliran ini menganut sistem Budo karate, dimana para praktisinya dituntut untuk berani melakukan full-contact kumite atau tanpa pelindung dan menyerang secara frontal. Agar supaya praktisinya bisa mendalami arti yang sebenarnya dari seni beladiri karate dan juga untuk melatih jiwa/semangat keprajuritan(budo), aliran ini dikenal sebagai aliran paling keras. Kyokushin masih berpegang teguh pada sistem tradisional, jika dilihat dari sistem pertandingan kumite pada kejuaraan-kejuaraan yang menerapkan full-contact kumite dan boleh membuat KO lawan. Aliran ini juga menerapkan Hyakunin kumite (kumite 100 orang) tanpa kalah. Karena Sosai Masustatsu Oyama sendiri telah melakukan kumite 300 orang.

6. Shorin-ryu
Aliran ini berasal dari Okinawa yang didirikan oleh Shoshin Nagamine yang didasarkan pada ajaran Yasutsune Anko Itosu, seorang guru Karate abad ke 19 yang juga merupakan guru dari Gichin Funakoshi pendiri Shotokan karate. Aliran ini banyak memiliki kesamaan dari Shotokan namun perbedaan yang mencolok ada pada Shorin-ryu juga mengajarakan bermacam-macam senajata, seperti Nunchaku, Kama dan Rokushaku Bo.

7. Uechi-ryu
Aliran karate ini adalah aliran yang paling banyak dipengaruhi oleh beladiri china, karena penciptanya adalah Kanbun Uechi, belajar beladiri langsung dari provinsi Fujian di China. Aliran ini sangat mirip denganKungfu aliran Fujian terutama aliran Baihequen (Bangau Putih).

Sumber referensi : Wikipedia


0 comments:

Post a Comment

1. Silahkan masukkan komentar anda
2. Berkomentar dengan cara yang santun
3. Tidak boleh menggunakan kata-kata kotor
4. Silahkan tinggalkan link web/blog anda untuk saya visit back

Pengunjung yang baik adalah yang meninggalkan jejak yaitu komentar dan link web/blognya

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com